Seminar Berbagi Praktik Baik KOMBEL RUMMIPA "Mencegah Perundungan di Lingkungan Sekolah"

Diposting oleh 22 Mar 2024

KARTASURAJumat 22 Maret 2024, SMAN 1 Kartasura (SMANRA) menyelenggarakan seminar berbagi praktik baik KOMBEL RUMMIPA "Mencegah Perundungan di Lingkungan Sekolah". Kegiatan ini dilaksanakan di ruang guru yang diikuti oleh segenap unsur warga sekolah,  yang terdiri dari: Kepala Sekolah, Para wakasek dan seluruh unsur GTK. Kegiatan ini menghadirkan dua fasilitator internal. Fasilitator internal adalah Bapak Drs. Sunardi dan Ibu Sri Muryani, S.Pd. Kemudian, Selaku moderator dalam kegiatan ini adalah Bapak Arif Handaka, M.Pd.

Fasilitator pertama membahas tema terkait contoh aksi perundungan. Dalam pemaparannya beliau menegaskan bahwa pelaku bullying baik dalam bentuk Verbal, Fisik, ataupun Cyber Bullying, berpotensi dijerat oleh UU perlindungan anak, tindak kekerasan, bahkan UU ITE. Materi pertama yang beliau sampaikan, mendapatkan respon positif dari audiens, yang diantaranya memantik guru untuk bertanya.

Fasilitator kedua membahas tema terkait pencegahan bullying bisa dilakukan dengan membicarakan dengan anak seputar apa yang mereka anggap sebagai perilaku baik dan buruk di sekolah, di lingkungan sekitar maupun di media sosial.

Lakukan pencegahan bullying secara menyeluruh dan terpadu. Langkah preventif ini bisa mulai dari anak, keluarga, sekolah maupun masyarakat.

1. Pencegahan melalui anak
2. Pencegahan dari keluarga
3. Pencegahan di sekolah
4. Pencegahan di masyarakat

Sekitar pukul 14.00 WIB, acara seminar yang menarik dan penuh dengan wawasan tersebut pada akhirnya harus diakhiri. Dan sebelum berakhir, moderator memberikan kesimpulan dan mengapresiasi berjalannya kegiatan seminar ini, dan tak lupa mengajak para peserta seminar yang dihadiri oleh guru hebat. Terima kasih dan apresiasi untuk kelancaran kegiatan seminar oleh seluruh warga sekolah SMAN 1 Kartasura melalui Plaform Merdeka Mengajar secara luring. Mari terus belajar bersama berbagi praktik baik, bergerak untuk berdampak. Semoga bermanfaat!

 

Kategori : Informasi,